PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK AJAR PENYELESAIAN PERSAMAAN NON LINIER DENGAN METODE NEWTON RHAPSON

Marlindawati Marlindawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat lunak ajar penyelesaian persamaan non linier dengan metode Newton Raphson. Dengan adanya perangkat ajar ini penulis dapat mengungkapkan kualitas pembelajaran yang dilihat dari aspek isi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman, daya tarik serta ketuntasan belajar mahasiswa setelah menggunakan perangkat lunak ajar ini. Validator dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli dibidang materi dan media. Subjek penelitian adalah 3 orang mahasiswa untuk uji coba validasi kelompok kecil dan 47 orang mahasiswa untuk validasi kelompok besar. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah angket, pedoman observasi, soal pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian (1) pengembangan perangkat lunak ajar melalui enam langkah, yaitu: menganalisis, mendesain, memproduksi, memvalidasi, merevisi dan mengujicoba, (2) kualitas perangkat lunak ajar dari aspek materi dinilai menarik (skor=3,98) (3) kualitas perangkat lunak dari aspek media dinilai menarik (skor=3,95). Untuk kelompok besar, 41 mahasiswa (87,23%) menunjukkan ketuntasan belajar yang baik dengan nilai ratarata diatas 70 dan hanya 6 orang mahasiswa saja yang mendapatkan nilai dibawah 70 (12,77%). Dari hasil analisis tersebut, penulis simpulkan bahwa penggunaan perangkat lunak ajar ini memberikan dampak yang positif dan baik terhadap ketuntasan belajar mahasiswa.


References


Ariesto Hadi Sutopo, 2003, Multimedia Interaktif Dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Borg, W.R. & Gall, M. D, 2003, Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.

Chapra, Steven C, and Canale, Raymond P. 1991, Metode Numerik untuk Teknik, Jakarta : Universitas Indonesia

Sri Dharwiyanti dan Romi S.W., 2003, Pengantar Unified Modelling Language (UML), Ilmu Komputer.Com, http://202.95.157/howto/PDF_Files/yanti-uml.pdf

Sukardjo, 2005, Evaluasi Pembelajaran, Diktat Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran, Prodi TP PPs UNY. Tidak diterbitkan.

Sutopo,Hadi. Sinopsis Disertasi, Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia Khususnya Puzzle Game, Online, (www.topazart.info/teks_penelitian/sinopsisRev2806.pdf), diakses

tanggal 17-02-2011)

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

________, 2001, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor