APLIKASI DIGITAL MATTING MENGGUNAKAN METODE BAYESIAN APPROACH

Rudy Adipranata, Kartika Gunadi, Novita Halim

Abstract


Penggunaan aplikasi image processing semakin diminati oleh banyak orang untuk berbagai keperluan. Dari sebuah gambar yang sederhana dapat dibuat gambar yang menarik. Proses matting bertujuan untuk mengambil sebuah atau beberapa bagian dalam gambar yang akan digabungkan dengan gambar lainnya.

Dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi untuk melakukan proses matting. Proses awal pada aplikasi adalah color quantization untuk membentuk kelompok-kelompok warna yang kemudian akan diproses dengan metode Bayesian dan akan menghasilkan alpha matte dari gambar. Alpha matte ini yang kemudian dipakai untuk menggabungkan gambar asal dengan gambar yang baru.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, hasil gambar composite sangat dipengaruhi oleh trimap yang dibuat. Kecepatan proses bergantung pada banyaknya unknown region dan juga neighborhood. Untuk ketegasan gambar hasil dipengaruhi oleh minimum variance.


References


A. Berman, A. Dadourian, and P. Vlahos., 2000, Method for removing from an image the background surrounding a selected object, U.S. Patent 6,134,346.

Digital Film Tools., 2011, What is trimap?, http://support.digitalfilmtools.com/support/index.php?_m=know ledgebase &_a=viewarticle&kbarticleid=78

Chuang, Y., Curless, B., Salesin, D., and Szeliski, R., 2001, A bayesian approach to digital matting, Proceedings of IEEE CVPR, pp. 264-271

M. A. Ruzon and C. Tomasi., 2000, Alpha estimation in natural images, In CVPR2000, pages 18–25, June 2000.

Wolfram Mathworld, 2012, Gaussian function, http://mathworld.wolfram.com/GaussianFunction.html

Orchard, M. T. dan Bouman, C. A., 1991, Color quantization of images, IEEE Transactions on Signal Processing, 39(12):2677– 2690.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor