IMPLEMENTASI NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) UNTUK INFORMASI KOLEKSI MUSEUM

Oliver Samuel Simanjuntak, Hidayatulah Himawan, Muhammad Ali Husaini

Abstract


Abstract

People's interest to make the museum as a tourist destination is very low. Therefore, innovations are needed to attract the public interest, and in this case innovation is done in the utilization of NFC technology on android. Currently NFC technology is growing rapidly and has been exploited in various applications, so the utilization of this technology is expected to eliminate the impression of outdated and less attractive to the museum. This application will be divided into two, ie mobile apps for visitors developed using Android Studio software and web applications developed using SublimeText. Mobile apps created to display information from objects in the museum in the form of text, images, video, and audio, by scanning the NFC tag which then the scan results will direct the application to retrieve data from web applications that serve as a server for database management . This mobile app can also display 360o rooms from every room in the museum. Based on the results of the implementation that has been tested, this application was able to convey information in text, image, sound, or video format by doing a scan on the NFC tag. From user random application feasibility test.

 

Keywords: Android, NFC, Biology Museum, Multimedia Information, Mobile Application

 

Abstrak

Minat masyarakat untuk menjadikan museum sebagai tujuan wisata sangatlah rendah. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk menarik minat masyarakat, dan dalam hal ini inovasi dilakukan dalam pemanfaatan teknologi NFC pada android. Saat ini teknologi NFC sedang berkembang pesat dan sudah dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi, sehingga pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat menghilangkan kesan ketinggalan jaman dan kurang menarik pada museum. Aplikasi ini akan dibagi menjadi dua, yaitu aplikasi mobile untuk pengunjung yang dikembangkan menggunakan software Android Studio dan aplikasi web yang dikembangkan menggunakan SublimeText. Aplikasi mobile yang dibuat dapat menampilkan informasi dari benda di museum dalam bentuk text, gambar, video, dan audio, dengan cara melakukan scanning pada NFC tag yang kemudian hasil scan tersebut akan mengarahkan aplikasi untuk mengambil data dari aplikasi web yang berfungsi sebagai server untuk manajemen database. Aplikasi mobile ini juga dapat menampilkan ruangan 360o  dari setiap ruangan yang ada di museum. Berdasarkan hasil implementasi yang telah diuji, aplikasi ini ternyata mampu menyampaikan informasi dalam format teks, gambar, suara, maupun video dengan melakukan scan pada NFC tag. Dari uji kelayakan aplikasi oleh pengguna secara acak. 

 

Kata Kunci : Android, NFC, Museum Biologi, Informasi Multimedia, Aplikasi Mobile


Keywords


Android; NFC; Biology Museum; Multimedia Information; Mobile Application

Full Text:

PDF

References


Akhmad, C. 2014. Menjadikan Museum Tempat Pembelajaran Menyenangkan. dalam internet; http://www.varia.id. Diakses 7 April 2016

G. Gopichand, T. K. Chaitanya and R. R. Kumar, "Near Field Communication and Its Applications in Various Field," International Journal of Engineering Trends and Technology, vol. 4, no. 4, p. 5, April 2013.

Neforawati I, Fareza M.I & Juniarti V, 2015, Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Absensi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Teknologi NFC (Near Field Communication) Pada Android. Jurnal Politeknologi VOL. 14 No. 2 MEI 2015

Prihartomo, Nyoto dan Sukamto, 2015, Rancang bangun aplikasi pencatatan dan pengolahan data pemakaian KWH digital listrik, aplikasi yang di bangun ini menggunakan teknologi NFC (Near Filed Communication) pada perangkat android, Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Ryan C.W, Hanry N.P dan Djony H.S, P, 2015 Pemanfaatan Teknologi NFC untuk penyampaian informasi multimedia museum mpu tantular, Univesitas Kristen

Petra Surabaya, Surabaya

Salbino Sherif, 2013, Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula: untuk pemula, lembar langit Indonesia.

Vidiardi, 2015, pengembangan museum virtual interaktif menggunakan teknologi desktop virtual reality pada museum ranggawarsita, Universitas Teknologi Semarang, Semarang

Yunianto B.W,2014, pemanfaatan teknologi NFC (Near Filed Communication) sebagai sistem informasi pada sengkaling food festifal berbasis web, Univesitas Muhammadiyah Malang, Malang

Yurnaldi & krt. 2015. Tahun Kunjungan Museum Munculkan New Brand

www.kompas.com/Tahun.Kunjungan.M useum.2015.Munculkan.New.Brand.htm l. Diakses 7 April 2015




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v15i1.3066

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v15i1.3066.g2434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor