Implementation Of Mobile-Based OOAD Interactive Learning Media

I Nyoman Tri Anindia Putra, Ketut Sepdyana Kartini, Komang Redy Winatha

Abstract


The lack of interest in student learning is due to the learning media used are less attractive and effective to understand the material. This study aims to implement mobile-based interactive learning media regarding OOAD material. The media feasibility test uses a blackbox testing scenario and the analysis uses the Gutman scale technique. From the test results, it was found that the percentage of blackbox testing was 100% and the functional requirements test by the resource persons obtained a percentage of 100%. Based on the results of these studies, it can be explained that this learning media is very good and has been feasible to be implemented.


Keywords


Interactive Leearning Media; OOAD; Mobile

Full Text:

PDF

References


N. T. A. Kartini, Ketut Sepdyana., Putra, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ketut Sepdyana Kartini 1 dan I Nyoman Tri Anindia Putra 2,” J. Pendidik. Kim. dan Ilmu Kim., vol. 3, no. 02, pp. 8–12, 2020.

. H., . R., and . S., “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Pokok Asam Basa,” Chem. Educ. Rev., vol. 2, no. 2, p. 49, 2019, doi: 10.26858/cer.v2i2.8754.

K. R. Winatha and S. O. Dirgantoro, “Multimedia Interaktif Tentang Hari Penciptaan Untuk,” vol. 19, no. 1, pp. 1–12, 2022.

A. Hartanto, “Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Balok dengan Aplikasi Multimedia Interaktif di SD Negeri Teguhan Sragen,” Semin. Ris. Unggulan Nas. Inform. dan Komput. FTI UNSA 2013, vol. 2, no. 1, pp. 85–89, 2013.

S. F. Santoso, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK KUIS INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR,” 2017.

I. D. Kurniawati and S.- Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” DoubleClick J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 68, 2018, doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.

E. Z. Arnada and R. W. Putra, “Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran,” J. Idealis, vol. 1, no. 5, pp. 393–400, 2018.

I. N. T. Anindia Putra, K. S. Kartini, and N. N. Widiyaningsih, “Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 43–52, 2020.

J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 1, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.

S. A. Prawiro and A. H. Irawan, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2012.

T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

S. Alwi, “Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran,” ITQAN J. Ilmu-Ilu Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 145–167, 2017, [Online]. Available: http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65/.

N. Deliany, A. Hidayat, and Y. Nurhayati, “Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Educare, vol. 17, no. 2, pp. 90–97, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/247.

A. M. Ilmiani, A. Ahmadi, N. F. Rahman, and Y. Rahmah, “Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 17–32, 2020, doi: 10.23971/altarib.v8i1.1902.

F. Putraga and A. Bahri, “Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian,” vol. 3, no. September, pp. 337–347, 2019.

F. Ayuka and P. Pradana, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DISIPLIN MENGGUNAKAN SKALA LIKERT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD,” vol. 5, pp. 13–29, 2021.

Salasiah, Rahmadi, and T. Irianto, “INSTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN,” vol. 1, no. 1, pp. 25–31, 2020.

W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias, and D. Risdiansyah, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 2, pp. 159–167, 2018, doi: 10.31294/khatulistiwa.v6i2.160.

Juniantari and nyoman T. . Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Dpmptsp Information System Analysis Using the User Experience,” J. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.




DOI: https://doi.org/10.31315/telematika.v19i2.7363

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/telematika.v19i2.7363.g4678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of :
TELEMATIKA: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi
ISSN 1829-667X (print); ISSN 2460-9021 (online)


Dipublikasi oleh
Jurusan Teknik Informatika, UPN Veteran Yogyakarta
Jl. Babarsari 2 Yogyakarta 55281 (Kampus Unit II)
Telp: +62 274 485786
email: jurnaltelematika@upnyk.ac.id

 

Jurnal Telematika sudah diindeks oleh beberapa lembaga berikut:
 

 

 

 

 

Status Kunjungan Jurnal Telematika
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor